Thursday, November 3, 2016

Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak

Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada saat ini, bidang telekomunikasi telah berkembang dengan pesatnya di seluruh dunia. Perkembangannya sendiri terus berlanjut tiap tahunnya. Banyak peneliti di seluruh dunia selalu mencoba untuk menemukan teknologi baru di bidang ini dengan terus membenahi kekurangan yang ditemukan dari penemuan sebelumnya. Salah satu bidang dalam telekomunikasi yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah Jaringan Nirkabel (WLAN) dan Komputasi bergerak. Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak ini telah berkembang dengan pesat dimana contoh dari jaringan ini adalah komunikasi data dengan menggunakan infra merah (IrDa), Bluetooth dan wireless. Karena kemampuannya dalam pengiriman data, manusia di seluruh dunia menggunakannya dalam berbagai aplikasi yang berkaitan dengan jaringan nirkabel dan komputasi bergerak dimana salah satunya adalah penggunaannya dalam komunikasi data. Untuk mengatasi perkembangan penggunaan komunikasi data dengan jaringan nirkabel dan komputasi bergerak, diharapkan jaringan komunikasi di masa mendatang dapat menggunakan jaringan nirkabel dan komputasi bergerak dengan lebih baik dalam area lokal maupun area yang luas.
Berdasarkan hal tersebut, maka dalam Makalah ini kami akan membahas mengenai “Jaringan Nirkabel & Komputasi Bergerak”.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penyusun menyimpulkan rumusan masalah antara lain :
Mengetahui definisi dari Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak dan yang terdapat di dalamnya.
1.3  Tujuan
Tujuan dari dilakukannya penulisan makalah ini selain sebagai tugas Mata kuliah Komputasi Berbasis Jaringan juga sebagai berikut :
Mengetahui definisi dari Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak dan yang terdapat di dalamnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Jaringan nirkabel adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu. merujuk kepada semua jenis komputer jaringan yang nirkabel, dan umumnya terkait dengan jaringan telekomunikasi yang antara node dilaksanakan tanpa menggunakan kabel. Wireless jaringan telekomunikasi pada umumnya dilaksanakan dengan beberapa jenis jauh informasi sistem transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, untuk operator dan pelaksanaan ini biasanya terjadi pada tingkat fisik atau “lapisan” dari jaringan.
Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. Ini termasuk teknologi infrared, frekuensi radio dan lain sebagainya. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya. Teknologi nirkabel ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna bergerak bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu para pelancong dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya. Di rumah, pengguna dapat terhubung ke desktop mereka (melalui bluetooth) untuk melakukan sinkronisasi dengan PDA-nya.
2.2  Tipe – Tipe Jaringan Nirkabel
Dalam dunia jaringan Nirkabel itu ada beberapa tipe, kira-kira ada 4 tipe di dalam bidang jaringan Nirkabel. Dan berikut tipe-tipe dari Jaringan Nirkabel.


1.      WWANs (Wireless Wide Area Networks)
Maksud dari teknologi ini adalah, bahwa pengguna memungkinkan untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini bisa mencakup dalam jangkauan yang sangat luas (antar daerah, kota ataupun negara). Dan WWANs ini menggunakan antena atau satelit.
2.      WMANs (Wireless Metropolitan Area Networks)
Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel beberapa lokasi dalam satu area metropolitan (misalnya antar gedung dalam satu kota). Teknologi untuk mentransmisikan data untuk tipe ini adalah dengan menggunakan gelombang radio atau cahaya infrared.
3.      WLANs (Wireless Local Area Neteworks)
Teknologi ini banyak dipakai di dalam satu area Gedung-gedung kampus atau gedung untuk publik. WLANs dapat digunakan pada kantor sementara atau yang mana instalasi kabel permanen tidak diperbolehkan.
4.     WPANs (Wireless Personal Area Networks)
Teknologi ini membolehkan kepada pengguna untuk membangun jaringan nirkabel bagi peranti sederhana, seperti PDA, Laptop atau telpon seluler. Ini bisa digunakan dalam satu ruangan operasi personal.

Komputasi Bergerak atau Mobile Computing adalah sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan secara fisik dan kemampuan komputasi yang dapat digunakan ketika mereka sedang dipindahkan.
Contoh Mobile Computing Device :
Laptop, Personal Digital Assistant (PDA), ponsel, dll
Contoh tool yang digunakan:
Java ME, Symbian, Android, iPhone, PalmOS, dll

Mengapa disebut komputasi bergerak? Karena:
1.      Memiliki aplikasi yang sangat luas
2.      Memiliki kemampuan melakukan perpindahan posisi
3.      Memiliki kemampuan perpindahan peralatan
4.      Memiliki kemampuan perpindahan jaringan,dll
Dengan membedakan sistem komputasi mobile dari sistem komputasi lain, kita bisa mengidentifikasi perbedaan dalam kinerja bagaimana dirancang, digunakan dan diatur dalam pembuatan sistem tersebut. Ada beberapa hal yang sistem komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem komputasi yang statis.
Mobile computing device tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Kalkulator, HP, laptop, netbook bisa dikategorikan sebagai perangkat mobile computing.
Untuk mengakses berbagai aplikasi stand alone atau remote applications pada komputasi bergerak dapat melalui:
a.       IR (IN Room) Network
Perangkat mobile yang dapat berkomunikasi dalam jangkauan terbatas/ pendek. Meliputi dua type:
Infra red, cakupannya mencapai 50m dengan bandwidth yang didukung sekitar 1Mbps.
Radio frequency, dengan jangkauan antara 1m-100m dan kecepatan transfer data sampai dengan 3Mbps
b.      Wireless LAN
Area service jaringan mencapai 200m. Terdapat beberapa standart yang tersedia untuk WLAN dan yang paling banyak dipakai saat ini yaitu IEEE 802.11
c.       Broadband Wireless Network
Jaringan nirkabel peta lebar adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan pengiriman nirkabel secara simultan suara, data,dan video. Dua jenis teknologi ini adalah: Lokal Multi-point Distribusi Service (LMDS) dan Multi-point Multi-channel Distribution Service (MMDS). LMDS menggunakan frekuensi bandwidth tinggi nirkabel dalam jarak 20-31 GHz, sedangkan MMDS menggunakan bandwidth lebih rendah dengan frekuensi dalam 2 cakupan GHz dan memiliki jangkauan hingga 50 kilometer.

d.      Wireless Area Network
Wireless Wide Area Network dirancang untuk memberikan transmisi data dan infrastruktur perusahaan terdiri dari base stasiun, pusat kontrol jaringan dan switch untuk mengirimkan data. karakteristik WAN yang luas dan mobilitas tinggi.
e.       Satelit Based Network
Jaringan satelit telah digunakan untuk relay suara, video atau data, sejak tahun 1960 (DeRose, 2002). karakteristik dari jaringan berbasis satelit adalah bahwa ia memiliki cakupan yang luas, mahal, komunikasi dua arah dan suara berkualitas rendah. Satelite memiliki cakupan wilayah yang luas. Sevara umum satellite digunakan berdasarkan hubungan mereka jarak dan ruang dengan bumi, yaitu Satelit geostasioner (GEOS), Medium Earth Orbit Satelit (MEOS), dan Orbit Satelit Bumi Rendah (Leos). GEOS, MEOS dan Leos masing-masing terletak di ketinggian 35.786 km, 10.000 km dan 1.000 km.

Mobile Aplication dan Contohnya
1.      Kendaraan (untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
2.      Peralatan Emergensi (akses dunia luar)
3.      Akses web dalam keadaan bergerak
4.      Location aware service
5.      Information service
6.      Disconnected operations
7.      Entertainment (network game groups)

Keterbatasan penggunaan komputasi bergerak diantaranya:
a.       Kendala sumber daya yang terbatas pada perangkat mobile
Agar bersifat portable dan mobile, device dirancang kecil dan ringan. Tetapi dengan desain ini ada kelemahannya yaitu kapasitas baterai yang kecil, kapasitas penyimpanan memory kecil, daya komputasi terbatas.


b.      Bandwith Jaringan Rendah
Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.
c.       Biaya komunikasi asymmetric
Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.
d.      Heterogenitas perangkat mobile
Industri telekomunikasi Mobile telah mengembangkan berbagai perangkat mobile seperti Laptop, Tablet PC, Handheld PC, Pocket PC, Netbook dan Mobile Phones. Namun, perangkat mobile juga mempunyai fitur dan kemampuan yang berbeda baik sistem operasi, daya komputasi, tampilan maupun kemampuan jaringan. Akibatnya, heterogenitas ini menimbulkan beberapa tantangan dalam manajemen konten, dan penyampaian konten ke penyedia layanan mobile.
e.       Mobilitas
Teknologi nirkabel memungkinkan pengguna mobile untuk bergerak bebas dan mandiri dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah layanan handoff terjadi ketika pengguna bergerak dari satu daerah layanan jaringan ke lain. Hal ini penting untuk memastikan handoffs layanan berfungsi dengan baik.


f.       Koneksi yang sering terputus
Pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.


BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Jaringan Nirkabel Dan Komputasi Bergerak saat ini mendapatkan peran yang sangat penting dalam dunia komunikasi maupun teknologi informasi. Dalam komunikasi data terdapat beberapa unsur agar sebuah proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Unsur-unsur tersebut dapat berupa, sumber data, media dan penerima data.  Pada komunikasi data, media yang digunakan adalah kabel dan tanpa kabel.
Saluran komunikasi tanpa Kabel (Wireless), satellite, dan cellular phone. Satelite merupakan bagian dari wireless, di mana wireless itu sendiri adalah koneksi internet dari suatu perangkat ke perangkat lainnya yang tanpa menggunakan kabel. Sedangkan satelite adalah suatu stasiun relay (penguat) yang mentransmisikan sinyal melewati jarak yang jauh.
Tak dipungkiri lagi, saat ini, komunikasi bergerak memainkan peran yang semakin signifikan dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi, khusunya mobile system. Saat ini jumlah pengguna telepon mencapai angka ±1 milyar dan angka ini melampaui jumlah pengguna jaringan telepon tetap. Sehingga pada saat itu komunikasi wireless akan merupakan modal akses teknologi yang dominan.



DAFTAR PUSTAKA
Shoutul92. (2011). “Tipe – Tipe Jaringan Nirkabel”.
http://indoblog.typepad.com/blog/2011/05/tipe-tipe-jaringan-nirkabel.html
Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016

Paninalone. (2011). “Pengantar Komputasi Bergerak”.
https://paninalone.wordpress.com/2011/09/22/pengantar-komputasi-bergerak/
Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016


Bagi yang ingin Mendownload Materinya Silahkan Klik Link Dibawah

http://kbagi.com/ariezt93/jaringan-nirkabel-komputasi-bergerak-454781


Previous Post
Next Post

0 komentar: