Thursday, September 4, 2014

Cara Install Ulang Mikrotik Menggunakan NetInstall

Perbedaan NetInstall dan Upgrade pada Mikrotik, ketika melakukan NetInstall maka akan ada proses formatting drive, tetapi tidak terjadi ketika hanya melakukan upgrade saja. Karena mikrotik hanya menyediakan memory yang kecil dan ketika diupgrade sebahagian data yang sudah tidak digunakan masih mengambil tempa disana. Tetapi dengan NetInstall maka semua data yang ada akan dibersihkan alias diformat dan setelah itu akan melakukan instal system.

Cara melakukan NetInstall
bahan yang harus disediakan yaitu:
1. Software NetInstall bisa didownload disini 
2. Kabel LAN UTP
3. File packet mikrotik sesuai dengan type atau jenisnya (x86,mpsbe,mipsle dll) bisa didownload disini 

Dibeberapa literasi harus ada kabel serial, namun kali ini kita akan mencoba tanpa menggunakan kabel serial, fungsi kabel serial sendiri adalah untuk merubah alur booting yang biasanya dari disk internal (NAND) menjadi boot dari network.

Baik kita mulai melakukan NetInstall

Jalankan NetInstall

Jika NetInstall sudah terbuka Langkah selanjutnya yaitu samakan segment IP komputer dan IP NetInstall. Pada netInstall tekan tombol net booting dan masukkan IP yg satu segmen dengan komputer yang digunakan.


Setelah itu lakukan reset mikrotik sampai routerboard kita terdeteksi oleh NetInstall.


Sambungkan komputer dengan Router menggunakan kabel LAN melalui port ether1 pada router yang bertuliskan PoE di atasnya. Tekan tombol reset sambil menancapkan kabel power mikrotik tunggu lampu ACT berkedip-kedip dan akhirnya lampunya mati. Setelah itu lepaskan tombol reset yang tadi di tekan. Sampai pada proses ini seharusnya NAND mikrotik kita sudah terdeteksi di software Netinstall.

Selajutnya, click RB yang sudah terdeteksi. Hal ini menyebabkan software NetInstall mengambil SOFT-ID dan LICENSE RouterOS yang nantinya di kembalikan lagi oleh NetInstall.

Setelah itu Install paket apa saja yang kita inginkan dengan memilih folder tempat paket tersimpan dan pilih paket-paket yang akan dimasukkan ke dalam routerboard


Kemudian klik tombol instal. Ketika proses instal selesai maka lakukan reboot dengan menekan tombol reboot..

Setelah proses reboot selesai, maka proses intalasipun selesai..

Demikian tutorial singkat Instal Ulang Mikrotik menggunakan NetInstal

Sekian postingan dari saya dan semoga bermanfaat bagi kita semua
Previous Post
Next Post

0 komentar: